KAMI HADIR DENGAN 5 JAMINAN PASTI - OBATNYA LENGKAP - HARGANYA RELATIF MURAH - HANYA MENJUAL OBAT ASLI - LAYANAN KONSULTASI APOTEKER GRATIS - TERSEDIA LAYANAN ANTAR - HOTLINE CALL: 0852-1841-1941



Sunday, January 29, 2017

Manfaat Jeruk Lemon Bagi Kesehatan


Jeruk lemon atau dikenal juga dengan nama jeruk sitrun merupakan salah satu jenis jeruk yang biasa digunakan untuk campuran berbagai olahan makanan dan minuman. Lemon memiliki nama latin Citrus limon dan termasuk dalam keluarga Rutaceae. Banyak orang yang salah mengira bahwa lemon sama dengan jeruk nipis, padahal keduanya berbeda. Namun, keduanya sama-sama biasa digunakan sebagai campuran bahan untuk minuman kesehatan. Seperti lemon dengan air hangat dan madu dipercaya sebagai ramuan yang dapat melangsingkan tubuh.


Apa yang menyebabkan lemon menjadi begitu bermanfaat bagi kesehatan? Tidak lain adalah kandungan yang terdapat di dalamnya. Seperti jenis jeruk lainnya, lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu terdapat pula kandungan vitamin B5, vitamin b3, vitamin b1 dan b2, asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, gula, karbohidrat, serat, lemak dan protein.

Sebelum digunakan secara luas dalam dunia pengobatan modern, nenek moyang kita pada zaman dahulu kala sudah memanfaatkan lemon sebagai bahan untuk membuat ramuan tradisional guna menyembuhkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. 

Berikut ini beberapa manfaat lemon bagi kesehatan:
 
1. Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi air jeruk lemon di pagi hari dipercaya dapat membantu para wanita untuk menurunkan berat badannya. Caranya, siapkan segelas air hangat kemudian tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk hingga rata. Ambil satu buah lemon, potong menjadi 4 bagian dan peras airnya ke dalam air hangat tadi, aduk dan minum. Untuk hasil maksimal, gunakan madu murni tanpa gula tambahan.

2. Menjaga Kesehatan Gigi

Jus lemon dapat membantu meringankan sakit gigi. Selain itu berkhasiat pula dalam memutihkan gigi. Caranya dengan rutin mengkonsumsi jus lemon segar. Konsumsi jus lemon juga dapat membantu menyembuhkan radang gusi dan menghilangkan bau mulut.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C serta antioksidan dalam jeruk lemon merupakan kombinasi yang baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas). Lemon membantu membuat alkali dalam tubuh, dengan mengembalikan keseimbangan pH tubuh. Ketidakseimbangan ph tubuh merupakan salah satu penyebab utama terserang flu dan batuk akibat tubuh terlalu asam. Maka jika Anda terkena flu, minumlah ramuan air hangat dan lemon ditambah sedikit madu. Jangan lhawatir, air lemon aman dikonsumsi walau perut dalam keadaan kosong. Selain itu juga mengandung flavonoid, dimana yang juga berguna untuk melawan virus dan membuat tubuh tetap fit.

4. Melancarkan Pencernaan

Bagi Anda yang mengalami masalah susah buang air besar, minum air lemon di pagi hari dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Minum air lemon di pagi hari dapat membantu melancarkan buan air kecil, membersihkan ginjal, meningkatkan rpoduksi enzim dan menghasilkan protein untuk membersihkan saluran cerna yang tersumbat.

5. Melancarkan Pernapasan

Selain pencernaan, pernapasan juga bisa lancar berkat air jeruk lemon di pagi hari. Bagi Anda penderita asma atau alergi yang sering mengalami batuk, cobalah untuk rutin mengkonsumsi air lemon hangat di pagi hari.

6. Mengatasi Mual

Morning Sickness, atau mual di pagi hari biasa dialami oleh wanita yang sedang hamil. Jika Anda mengalaminya, cobalah membuat ramuan perasan air jeruk lemon dengan air hangat dan madu untuk mengatasi rasa mual tersebut.

7. Menjaga Kesehatan Hati

Hati merupakan organ vital yang harus benar-benar dijaga kesehatannya. Air jeruk lemon mengandung kalium (potassium) yang tinggi dapat menyembukan biliousness atau gejala gangguan hati yang bisa menyebabkan sembelit, pusing, muntah dan kehilangan nafsu makan. Selain itu juga dapat meluruhkan batu empedu dan meringankan demam yang disebabkan penyakit malaria.

8. Melawan Kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan yang ditakuti oleh semua orang. Sebuah studi menyebutkan bahwa lemon memilki kemampuan 1000 ali lebih baik dalam melawan kanker dibandingkan dengan kemoterapi. Menurut beberapa sumber, ada banyak konspirasi yang mengubur beberapa penelitian mengenai khasiat produk alami dan lebih memilih membuat produk sintetis karena keuntungannya jauh lebih besar.

9. Mengobati Radang Tenggorokan

Infeksi pada tenggorokan dapat menimbulkan peradangan dan menyebabkan rasa sakit saat menelan makanan. Bahkan sering dibarengi dengan demam dan batuk. Kandungan antibakteri di dalam lemon membantu mengatasi gangguan infeksi tenggorokan, sakit tenggorokan dan tonsilitis. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, berkumurlah dengan menggunakan setengah gelas jus lemon.

10. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Air jeruk lemon juga dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung dan beberapa penyakit yang muncul karena gangguan jantung seperti tekanan darah tinggi. Diet tinggi kalium juga dipercaya dapat membantu meredakan sakit kepala, mual, membantu tubuh dan pikiran lebih rileks, mengurangi stress dan depresi mental.

11. Membuang Racun dalam Tubuh

Jus lemon memiliki sifat diuretik, mampu meluruhkan racun dalam tubuh, asam urat. Jangan heran alau setelah mengkonsumsi jus lemon anda jadi sering buang air kecil. Itu merupakan proses pembersihan racun dalam tubuh. Kandungan asam sitratnya dapat membantu untuk mencairkan batu empedu, sehingga membantu untuk merangsang hati dan mendetoksifikasinya.

12. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan vitamin C pada lemon membantu tubuh melawan radikal bebas sehingga mencegah terjadinya penuaan dini. Juga dapat melawan infeksi akibat jamur. Lemon juga merupakan bahan makanan yang bersifat anionik (ion dengan muatan negatif), jadi sangat penting bagi tubuh. Vitamin C dalam lemon bisa membantu untuk mengobati kudis.

13. Mengobati Cacingan

Cacinga merupakan penyakit yang bisa berbahaya jika terus dibiarkan. selain dapat menyebabkan anemia, penderitanya juga berpotensi mengalami kekurangan gizi. Air perasan jeruk lemon dapat membantu menghilangkan cacing dalam tubuh, yang menjadi penyebab masalah kesehatan terkait cacingan.

No comments:

Post a Comment